RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Alokasi waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
Tema : Gemar Meneroka Alam Semesta
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, reponsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secera efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai
dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, reponsif, dan santun dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi teks laporan
hasil observasi dengan menggunakan bahasa Indonesia secara santun.
2.
Menyampaikan secara lisan dan
tulis kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar dalam teks laporan hasil
observasi dengan tahapan yang benar: pertanyaan klarifikasi, deskripsi bagian,
tujuan, fungsi, kegunaaan, dan lain-lain.
3.
Menggunakan kohesi leksikal dan
kalimat simpleks dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi untuk
menceritakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar.
4.
Menggunakan dengan pemarkah
spasial, penambahan, perbandingan, waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab
akibat sederhana dalam teks laporan hsil observasi.
5.
Membuat kata dan kelompok kata
mengenal fakta (deskriptif dan klarifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk
penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.
6.
Membedakan lafal baku dan tak
baku kata-kata yang berkaitan dengan teks laporan hasil observasi.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks laporan
hasil observasi, peserta didik dapat mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi dengan baik dan benar.
2.
Setelah membaca teks laporan
observasi, peserta didik dapat menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks
dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
3.
Setelah membaca teks laporan
observasi, peserta didik dapat menggunakan pemarkah spasial, penambahan,
perbandingan, waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab akibat sederhana dalam
teks laporan hasil observasi dengan benar.
4.
Setelah membaca teks laporan
observasi, peserta didik dapat menggunakan kata dan kelompok kata mengenal
fakta (deskriptif dan klarifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk penggunaan
modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
5.
Setelah membaca teks laporan
observasi, peserta didik dapat membedakan lafal baku dan tak baku kata-kata
yang berkaitan dengan teks laporan hasil observasi dengan benar.
E. Materi Pembelajaran
1.
Teks laporan hasil observasi
2.
Struktur teks laporan
3.
Mengamati teks laporan yang
ideal
4.
Memahami kalimat definisi dalam
teks laporan
F. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode : Curah pendapat, diskusi, dan penugasan
G. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pendahuluan (10 menit)
1.
Salah seorang peserta didik
memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.
Peserta didik membentuk
kelompok yang terdiri atas lima kelompok, masing-masing terdiri dari lima peserta
didik.
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
4.
Tukar pendapat tentang teks
hasil laporan hasil observasi.
5.
Mengekspresikan rasa syukur
atas keberadaan bahasa Indonesia setelah mengindetifikasi teks laporan hasil
observasi.
6.
Menyepakati kegiatan yang akan
dilakukan.
Inti (70 menit)
- Mengamati contoh teks laporan hasil observasi.
- Menanya tentang teks laporan hasil observasi.
- Mendiskusikan struktur laporan hasil obeservasi.
- Menyampaikan dan menjelaskan hasil teks laporan hasil observasi dalam diskusi kelas.
- Memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.
Penutup (10 menit)
- Membuat rangkuman.
- Melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
- Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu menentukan struktur teks laporan hasil observasi.
- Mencatat bahwa pada pertemuan kedua akan didiskusikan hasil temuan dari tiap kelompok.
- Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit)
1.
Salah seorang peserta didik
memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.
Peserta didik membentuk
kelompok yang terdiri atas lima kelompok.
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran .
4.
Tukar pendapat tentang struktur
teks laporan.
5.
Mengekspresikan rasa syukur
atas keberadaan bahasa Indonesia setelelah mengindetifikasi struktur teks
laporan.
6.
Menyepakati kegiatan yang akan
dilakukan.
Inti (70 menit)
- Mengamati contoh struktur teks laporan.
- Menanya tentang struktur teks laporan.
- Mendiskusikan struktur teks laporan observasi.
- Menyampaikan dan menjelaskan struktur teks laporan dalam diskusi kelas.
- Memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.
Penutup (10 menit)
- Membuat rangkuman.
- Melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
- Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan ketiga, yaitu mengamati teks laporan yang ideal.
- Mencatat bahwa pada pertemuan ketiga akan didiskusikan hasil temuan dari tiap peserta didik.
- Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
H. Media dan Sumber Belajar
Media :
Beragam contoh teks laporan
Sumber belajar : 1. Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran
bahasa Indonesia, halaman 4—6
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia
3. Pengalaman peserta didik dan guru
I. Penilaian
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
·
Observasi
·
Tes Tulis
·
Tes Praktik
|
·
Lembar pengamatan sikap dan
rubrik
·
Tes uraian
·
Tes tulis
|
·
Temukan kata-kata sulit yang
terdapat dalam teks “Makhluk di Bumi Ini”!
·
Jelaskan kata-kata sulit yang
terdapat dalam teks “Makhluk di Bumi Ini”!
·
Amatilah benda mati dan benda
hidup yang ada di sekitar kalian. Apakah benda mati dan benda hidup saling
bergantung? Berilah penjelasan singkat.
·
Menulis tes laporan, rubrik
penilaian
|
Contoh Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
|
Skor
|
Catatan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
2
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia
Kesantunan
dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
|
|
|
· Skor 3 jika memeneuhi 3 kriteria
· Skor 2 jika hanya memenuhi 2 kriteria
· Skor 1 jika hanya memenuhi 1 kriteria
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
1
2
|
Rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan
bahasa Indonesia
Kesantunan dalam menggunakan bahasa
Indonesia
|
·
Menunjukkan ekspresi atau
ungkapan senang, kagum
·
Menunjukkan sikap yakin dan
bangga terhadap keberadaan bahasa Indonesia
·
Selalu menggunakan bahas
Indonesia secara tertib
·
Kalimat yang digunakan
komunikatif
·
Diksi yang digunakan dalam
diskusi menggunakan kata-kata halus seperti tolong, harap, menutut pendapat
saya, dsb.
·
Sebelum member
tanggapan/menyela terlebih dahulu meminta kesempatan kepada ketua
kelompok/moderator
|
Rubrik Penilaian Teks Laporan Hasil Observasi
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1
2
3
4
5
|
Ketepatan judul
Kelengkapan isi
Keterpaduan teks laporan observasi
Kesalahan struktur kalimat teks laporan
observasi
Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca
|
Apakah judul sesuai dengan isi?
Apakah teks memuat seluruh struktur isi
laporan observasi (judul, struktur)?
Apakah antara paragraph satu dengan
paragraph berikutnya berkaitan, ditandai oleh keterkaitan isi?
Apakah tidak ada kesalahan dalam struktur
kalimat teks laporan observasi?
Apakah tidak ada kesalahan dalam
penulisan ejaan dan tanda baca?
|
|
|
Mengetahui, Pasuruan, Juli 2013
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Drs.Ach Sarkawi,
M.Pd Eka
Ratna Yulianti, S.Pd
NIP.19630919 198903 1 009 NIP.
Kelompok
I:
Nama Asal Sekolah
1)
Mimas Ardhianti, M.Pd. SMK Antartika 2 Sidoarjo
2)
Yani, S.Pd., M.M. SMKN I Boyolangu
Tulungagung
3)
Sri Rahayu, S.Pd. SMKN I Boyolangu
Tulungagung
4)
Erna Rinawati, S.Pd. SMKN I Boyolangu
Tulungagung
5)
Purwati, S.Pd. SMKN I Boyolangu
Tulungagung
6)
Widji Astuti, S.Pd. SMK Pawiyatan Surabaya
7)
Jujuk Purwati, S.Pd. SMKN I Sooko Mojokerto
8)
Dra. Aminah SMKN I Sooko
Mojokerto
9)
Etik Prasetyowati, S.Pd. SMKN I Sooko Mojokerto
10) Mohammad Zamroni, S.Hum. SMK
Antartika 2 Sidoarjo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar