RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / : X
Semester : 1
Alokasi waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
Tema : Gemar Meneroka Alam Semesta
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, reponsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secera efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai
dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, reponsif, dan santun dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi teks laporan
hasil observasi dengan menggunakan bahasa Indonesia secara santun.
2.
Menyampaikan secara lisan dan
tulis kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar dalam teks laporan hasil
observasi dengan tahapan yang benar
3.
Menggunakan kohesi leksikal dan
kalimat simpleks dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi untuk
menceritakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar.
4.
Menggunakan dengan pemarkah
spasial, penmabahan, perbandingan, waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab
akibat sederhana dalam teks laporan hsil observasi.
5.
Membuat kata dan kelompok kata
mengenal fakta (deskriptif dan klarifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk
penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.
6.
Membedakan lafal baku dan tak
baku kata-kata yang berkaitan dengan teks laporan hasil observasi.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks laporan
hasil observasi, siswa dapat mengidentifikasi struktur teks laporan dengan baik
dan benar.
2.
Setelah membaca teks laporan
observasi, siswa dapat menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks dan
kompleks dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
3.
Setelah membaca teks laporan
observasi, siswa dapat menggunakan pemarkah spasial, penambahan, perbandingan,
waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab akibat sederhana dalam teks
laporan hasil observasi dengan benar.
4.
Setelah membaca teks laporan
observasi, siswa dapat menggunakan kata dan kelompok kata mengenal fakta
(deskriptif dan klarifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk penggunaan
modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
5.
Setelah membaca teks laporan
observasi, siswa dapat membedakan lafal baku dan tak baku kata-kata yang
berkaitan dengan teks laporan hasil observasi
E. Materi Pembelajaran
1.
Teks laporan hasil observasi
2.
Struktur teks laporan
3.
Mengamati teks laporan yang
ideal
4.
Memahami kalimat definisi dalam
teks laporan
F. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode : Curah pendapat, diskusi, dan penugasan
G. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan (10 menit)
1.
Seorang siswa
memimpin doa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
3.
Tanya jawab
tentang sistem peredaran manusia
Inti (70 menit)
1.
Siswa mengamati (membaca) contoh teks pendek yang
berjudul “Sistem Peredaran Manusia”.
2.
Siswa menjawab pertanyaan yang terkait dengan teks.
3.
Siswa mendiskusikan teks tentang sistem peredaran
manusia.
4.
Siswa mendiskusikan perbedaan antara sistem peredaran
darah manusia dan binatang.
5.
Menyampaikan
hasil diskusi kelompok.
6.
Memberikan
tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.
7.
Penguatan
dari guru.
Penutup (10 menit)
1.
Siswa dan guru membuat simpulan
2.
Guru melakukan refleksi, misalnya merevieu bagian mana yang perlu
dijelaskan lebih lanjut.
3.
Siswa mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan
yang keempat, mencari teks bertema binatang menyusui.
4.
Seorang siswa
memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran dengan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
Pertemuan Keempat
Pendahuluan:10 menit
1. Seorang
siswa memimpin doa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Tanya
jawab tentang binatang menyusui.
Inti (70 menit)
1. Mengamati (membaca) teks laporan tentang harimau.
2. Mengidentifikasi binatang mamalia pemakan daging
dan pemakan tumbuhan.
3. Mengklasifikasi binatang mamalia pemakan daging
dan tumbuhan.
4. Mendeskripsikan binatang mamalia yang berkaitan
dengan sifatnya.
5. Memberikan tanggapan baik berupa pertanyaan atau
dukungan secara santun.
6. Penguatan dari guru.
Penutup (10 menit)
1. Membuat rangkuman teks binatang mamalia
2. Melakukan refleksi, misalnya menanyakan kesulitan
yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
3. Seorang siswa memimpin doa untuk mengakhiri
pembelajaran dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
H. Media dan Sumber Belajar
Media :
Beragam contoh teks laporan
Sumber belajar : 1. Buku penunjang kurikulum 2013 mata
pelajaran bahasa Indonesia, halaman 14—17
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia
3. Pengalaman siswa dan guru
I. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
·
Observasi
·
Tes Tulis
|
·
Lembar pengamatan sikap dan
rubrik
·
Tes uraian
·
Tes tulis
|
·
Menemukan
perbedaan sistem peredaran darah manusia dan binatang.
·
Klasifikasikan
binatang mamalia pemakan daging dan tumbuhan.
|
Contoh Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
|
Skor
|
Catatan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
2
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia
Kesantunan
dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
|
|
|
· Skor 3 jika memenuhi 3 kriteria
· Skor 2 jika hanya memenuhi 2 kriteria
· Skor 1 jika hanya memenuhi 1 kriteria
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
1
2
|
Rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan
bahasa Indonesia
Kesantunan dalam menggunakan bahasa
Indonesia
|
·
Menunjukkan ekspresi atau
ungkapan senang, kagum
·
Menunjukkan sikap yakin dan
bangga terhadap keberadaan bahasa Indonesia
·
Selalu menggunakan bahas
Indonesia secara tertib
·
Kalimat yang digunakan
komunikatif
·
Diksi yang digunakan dalam
diskusi menggunakan kata-kata halus seperti tolong, harap, menutut pendapat
saya, dsb.
·
Sebelum member
tanggapan/menyela terlebih dahulu meminta kesempatan kepada ketua
kelompok/moderator
|
Mengetahui, Pasuruan, Juli 2013
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Drs.Ach Sarkawi,
M.Pd Fatimah
Zahro, S.Pd
NIP.19630919 198903 1 009 NIP.19710908
201001 1 001
Kelompok
I:
Nama Asal
Sekolah
1)
Mimas Ardhianti, M.Pd. SMK Antartika 2 Sidoarjo
2)
Yani, S.Pd., M.M. SMKN I Boyolangu
Tulungagung
3)
Sri Rahayu, S.Pd. SMKN I Boyolangu
Tulungagung
4)
Erna Rinawati, S.Pd. SMKN I Boyolangu
Tulungagung
5)
Purwati, S.Pd. SMKN I Boyolangu
Tulungagung
6)
Widji Astuti, S.Pd. SMK Pawiyatan Surabaya
7)
Jujuk Purwati, S.Pd. SMKN I Sooko Mojokerto
8)
Dra. Aminah SMKN I Sooko
Mojokerto
9)
Etik Prasetyowati, S.Pd. SMKN I Sooko Mojokerto
10) Mohammad Zamroni, S.Hum. SMK
Antartika 2 Sidoarjo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar