SILABUS
Nama Sekolah :
SMK
Plus Assuyuthiyyah
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
XI
Standar Kompetensi :
Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1 Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak
bersifat perintah dalam konteks bekerja
|
·
Menyimpulkan informasi lisan
yang tidak bersifat perintah
· Identifikasi isi-isi informasi
· Menyimpulkan informasi lisan dan tulis secara deduktif dan
induktif
· Mengetahui kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
· Mengungkapkan Informasi verbal dan nonverbal
|
· Siswa diajak mencermati
isi-isi informasi dimulai lingkungan kerja sekitar siswa
· Siswa diajak
mengidentifikasi isi-isi informasi berdasarkan ciri bentuk dan ciri
makna (puisi, wawancara, dan pidato)
· Siswa mengenal teknik
menyimpulkan wacana secara deduktif dan induktif
· Siswa berlatih menyimpulkan
informasi secara deduktif dan induktif
· Siswa berlatih mencatat
simpulan informasi lisan dan tulis sesuai kedudukan dan fungsi bahasa
Indonesia
· Siswa memahami ciri-ciri
informasi verbal dan nonverbal
· Siswa berlatih membuat
simpulan informasi lisan dan tulis yang ditemuinya
|
· Mampu mengidentifikasi
isi-isi informasi
· Mampu menuliskan kembali fungsi bahasa Indonesia
· Mampu menuliskan kembali
kedudukan bahasa Indonesia
· Mampu menuliskan kembali
simpulan lisan secara deduktif
· Mampu menuliskan kembali
simpulan tulis secara deduktif
|
Tes Lisan
Tes Tertulis
Uji Mandiri dan Uji Kelompok
Uji Media
Uji Keterampilan Berbahasa
sebagai pengayaan
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Kamus
Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman
Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
- Material (CD)
- Media cetak dan elektronik
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar siswa
|
2.2 Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau
yang tidak dalam konteks bekerja
|
· Merumuskan perintah lisan dan tulis
· Mengidentifikasi isi-isi
perintah
· Menuliskan kembali isi perintah dalam bentuk kerangka
atau bagan
|
· Siswa mengenal
ciri-ciri kalimat perintah
· Siswa berlatih
mengidentifikasi jenis-jenis kalimat perintah
· Siswa mencatat isi pokok
informasi yang terdapat pada kalimat perintah
· Siswa berdiskusi mengenai
penulisan isi perintah dalam bentuk kerangka/bagan
· Siswa berdiskusi mengenai
penulisan perintah dalam kalimat yang efektif
|
·
Mampu merumuskan perintah lisan dan tulis menggunakan
kiat mengenali perintah
·
Mampu menanyakan kepada pemberi perintah perihal
kebenaran rencana kegiatan
·
Mampu menuliskan kembali isi perintah dalam bentuk
kerangka/bagan
|
Tes Lisan
Tes tulis
Uji Mandiri dan Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa
sebagai pengayaan
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar siswa
|
2.3 Memahami perintah kerja tertulis
|
·
Memo
·
Surat edaran
·
Disposisi
·
Pengumuman
·
Membuat surat perintah kerja dan petunjuk kerja
|
· Siswa membaca
dan mengenali ciri-ciri dan format memo
· Siswa berlatih membuat memo dimulai dari yang
paling sederhana
· Siswa membaca dan mengenali
surat edaran
· Siswa berlatih membuat surat
edaran
· Siswa membaca dan mengenali
disposisi dan pengumuman
· Siswa berlatih membuat
disposisi
· Siswa membaca dan mencermati
perintah kerja tertulis
· Siswa memahami perintah
kerja tertulis dan ragamnya
· Siswa berlatih menulis
perintah kerja tertulis
|
· Mampu menuliskan kembali
memo
· Mampu membuat disposisi
·
Mampu
membedakan pengumuman dan surat edaran
·
Mampu membuat catatan perintah kerja tertulis
·
Mampu
membuat prosedur/petunjuk kerja
·
Mampu memberi tanggapan terhadap perintah kerja
|
Tes lisan
Tes tulis
Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih
memahami materi
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk membedakan memo, surat edaran, disposisi,
dan pengumuman
Tugas mencari contoh dan membuat memo, surat edaran,
disposisi, dan pengumuman untuk portopolio
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang
menunjukkan konsep-konsep perintah kerja tertulis
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan
Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
8 x 45
menit (4 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Contoh-contoh surat
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar
siswa
|
2.4 Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata,
ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja
|
·
Mengidentifikasi kata, bentuk kata, dan ungkapan
berdasarkan paradigma/ analogi
·
Sinonim dan antonim
·
Frasa dan kalimat
|
· Siswa memahami proses
morfologis pembentukan kata
· Siswa memahami perubahan
makna kata
· Siswa menunjukkan
contoh-contoh kata serapan dari bahasa lain ke dalam bahasa Indonesia
· Siswa bersama-sama memahami
sinonim dan antonim
· Siswa mengerjakan latihan
· Siswa memahami
frasa dan kalimat
|
·
Mampu mengidentifikasi kata, bentuk kata, dan ungkapan
berdasarkan paradigma
·
Mampu mengidentifikasi frasa dan kalimat
·
Mampu mengungkapkan
informasi yang telah dibaca dengan bahasa sendiri
·
Mampu menggunakan
kata, bentuk kata, dan ungkapan berdasarkan paradigma dalam kalimat
yang berbeda
|
Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Sejumlah soal Uji Mandiri
untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan
untuk meningkatkan pemahaman siswa
Serangkaian tugas/perintah
kepada siswa untuk mengidentifikasi kata,bentuk kata, dan ungkapan
|
6 x 45 menit (3 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan siswa
|
2.5 Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pertanyaan dalam
konteks bekerja
|
·
Kalimat tanya
·
Kalimat tanya dalam konteks kalimat
|
· Siswa diperkenalkan kalimat tanya dalam wacana lisan
· Siswa mengenal situasi
pembicaraan lisan menggunakan kalimat tanya
· Siswa berlatih membuat
kalimat tanya
· Siswa memeragakan diskusi
kecil dalam kelompok
· Secara berkelompok siswa
mengamati penggunaan kalimat tanya dalam ragam kalimat
|
·
Mampu menggunakan kalimat tanya sesuai dengan tuntutan
situasi
·
Mampu memahami kalimat tanya dalam konteks kalimat
|
Tes lisan
Tes tulis
Sejumlah soal Uji Mandiri
dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan
untuk meningkatkan pemahaman siswa
yang berorientasi penggunaan kalimat tanya dalam pembicaraan
Serangkaian tugas/perintah
kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat tanya dalam ragam
lisan
|
4 x 45 menit (2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat
siswa
|
2.6 Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja
|
·
Teknik membuat parafrasa lisan
·
Pembuatan parafrasa lisan
·
Menafsirkan parafrasa lisan
|
· Siswa diperdengarkan
berbagai tuturan
· Siswa berlatih mencatat isi
pokok tuturan
· Siswa berlatih mengungkapkan
tuturan dengan bahasa sendiri
· Siswa mendengarkan aneka
tuturan untuk menafsirkan maksud tuturan
· Siswa berlatih menafsirkan/memberi maksud setiap
tuturan yang ditemui
|
·
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri parafrasa lisan
·
Mampu
membuat parafrasa lisan
·
Mampu menafsirkan parafrasa lisan
|
Tes lisan
Sejumlah soal Uji
Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih
memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa
Serangkaian tugas/perintah
kepada siswa u
Sejumlah soal untuk
menganalisis penggunaan parafrasa lisan dan bahasa
Daftar pertanyaan dalam Uji
Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan
materi ajar
|
4 x 45 menit (2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat
siswa
|
2.7 Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
|
· Pola gilir dalam berkomunikasi
· Pelaksanaan pola gilir dalam
berkomunikasi
· Penerapan pola gilir dalam
berdiskusi
· Evaluasi pelaksanaan pola
gilir dalam berkomunikasi
|
· Siswa dikenalkan aturan main
dalam berkomunikasi
· Siswa berlatih menggunakan
aturan main/pergantian waktu dalam berkomunikasi
· Siswa mendeskripsikan
kesalahan berbahasa dalam berkomunikasi
· Siswa memahami konsep pola
gilir dalam wawancara
· Siswa menyimpulkan isi
komunikasi yang ditampilkan dengan menyimak rekaman wawancara
· Siswa memerhatikan
contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memerhatikan struktur kalimat dalam
berkomunikasi
· Siswa memerhatikan
harmonisasi dalam berkomunikasi
· Siswa membuat diskusi untuk
memahami pola gilir dalam diskusi
· Siswa mengaplikasikan
pergantian waktu bicara dalam berkomunikasi
· Siswa menyimak dan menyimpulkan
pelaksanaan pola gilir dalam berkomunikasi pada adegan pementasan drama
|
·
Mampu menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang santun
dalam berkomunikasi
·
Mampu menggunakan pola gilir secara efektif
·
Mampu menerapkan pola gilir dalam diskusi
|
Tes lisan
Tes tulis
Praktik
Sejumlah soal Uji dan Uji
Kelompok Mandiri untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan
untuk meningkatkan pemahaman siswa
yang berorientasi penggunaan pola gilir dalam berkomunikasi
Serangkaian tugas/perintah
kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan pola gilir dalam berkomunikasi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan
Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
Menggunakan uji media
|
6 x 45 menit (3 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Material: VCD dan kaset
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat
siswa
|
2.8 Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks
bekerja
|
·
Prinsip-prinsip konversasi
·
Etika dan norma konversasi
·
Penggunaan prinsip-prinsip konversasi
|
· Siswa memahami konsep
penggunaan kalimat yang komunikatif dalam konversasi
· Siswa berlatih menganalisis
penggunaan kalimat dalam konversasi
· Siswa memahami konsep
penggunaan kalimat santun dan kerjasama dalam konversasi
· Siswa menggunakan kalimat
yang santun dan kerjasama dalam konversasi
· Siswa menggunakan
prinsip-prinsip konversasi
· Siswa berkelompok
mengerjakan latihan untuk memahami
prinsip-prinsip konversasi
|
· Mampu mengenali unsur-unsur konversasi
· Mampu menerapkan
prinsip-prinsip konversasi
· Mampu mengidentifikasi
kalimat-kalimat konversasi
· Mampu menggunakan konversasi dan
prinsip-prinsipnya
|
Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Sejumlah soal Uji mandiri dan Uji Kelompok
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman
siswa yang berorientasi konversasi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan
Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Tatabahasa Baku
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat
siswa
|
2.9 Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
|
·
Bentuk-bentuk diskusi
·
Persiapan diskusi
·
Unsure-unsur
diskusi
·
Etika
diskusi
·
Membuat notulen diskusi
|
· Siswa dikenalkan
bentuk-bentuk diskusi dan tujuan diskusi
· Siswa dikenalkan persiapan
dan aturan main dalam berdiskusi
· Siswa mengerjakan latihan
· Siswa memerhatikan
penggunaan aturan main diskusi
· Siswa mendeskripsikan
kesalahan berbahasa dalam berdiskusi
· Siswa memerhatikan
contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memerhatikan struktur kalimat dalam
berdiskusi
· Siswa berlatih menggunakan
aturan main diskusi
· Siswa memahami isi diskusi
· Siswa berlatih membuat
simpulan diskusi dalam notulen
|
·
Mampu memahami kegiatan berkomunikasi dalam diskusi
·
Mampu mengetahui bentuk-bentuk diskusi dan tujuan
diskusi
·
Mampu mempersiapkan diskusi
·
Mampu menggunakan aturan main diskusi secara efektif
·
Mampu menyimpulkan hasil diskusi dengan kalimat efektif
·
Mampu membuat notulen diskusi dengan tepat
|
Tes lisan
Tes tulis
Bentuk Intrumen:
Uji Mandiri dan Uji Kelompok sebagai latihan
Sejumlah daftar pertanyaan
untuk meningkatkan pemahaman siswa
yang berorientasi penggunaan aturan main
dalam berdiskusi
Serangkaian perintah untuk
mengidentifikasi penggunaan bahasa dalam berdiskusi
Sejumlah soal untuk menganalisis pergantian waktu
bicara dalam berdiskusi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan
Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
6 x 45 menit (3 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung
1991
∙ Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat
siswa
|
2.10 Bernegosiasi yang bermakna dalam konteks bekerja
|
·
Bernegosiasi dalam promosi
·
Taktik bernegosiasi
·
Pencatatan keputusan negosiasi
|
· Siswa memahami konsep
negosiasi dalam promosi
· Siswa memahami taktik
bernegosisasi yaitu dalam penggunaan kalimat yang komunikatif dalam
bernegosiasi
· Siswa berlatih menganalisis
penggunaan kalimat dalam bernegosiasi dengan mengerjakan latihan
· Siswa mempraktikkan bernegosiasi
· Siswa memerhatikan evaluasi
dari fasilitator mengenai penyimpulan hasil negosiasi
· Siswa memahami pencatatan
keputusan negosiasi
· Siswa mengerjakan latihan
|
· Mampu mengenali
unsur-unsur bernegosiasi
· Mampu mencatat hasil
negosiasi
|
Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Uji Mandiri dan Uji Kelompok
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang
berorientasi pelaksanaan negosiasi
Sejumlah daftar pertanyaan
untuk meningkatkan pemahaman siswa
yang berorientasi penggunaan
kalimat dalam bernegosiasi
Uji Keterampilan Berbahasa
untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung
1991
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website
internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja siswa
|
2.11 Menyampaikan laporan atau presentasi lisan dalam
konteks bekerja
|
·
Cara penyampaian laporan
·
Bentuk-bentuk laporan lisan
·
Jenis-jenis laporan lisan
·
Evaluasi penyampaian laporan sederhana
|
· Siswa dikenalkan cara
penyampaian laporan lisan, hal-hal yang dilaporkan dan bentuk-bentuk laporan
· Siswa
memerhatikanjenis-jenis laporan lisan
· Siswa berlatih menyusun
laporan lisan sederhana dengan mengerjakan latihan
· Siswa berlatih secara
kelompok
· Siswa memerhatikan
contoh-contoh laporan sederhana
· Siswa memerhatikan
penyampaian laporan sederhana
· Siswa mengerjakan latihan
untuk membuat laporan sederhana
|
· Mampu mengidentifikasi
ciri-ciri laporan lisan
· Mampu memahami informasi
dalam laporan sederhana
|
Tes tulis
Tes lisan
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami
materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai
laporan lisan
Sejumlah soal untuk menganalisis penyampaian laporan
lisan
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa
untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Pedoman
Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja siswa
|
2.12 Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif,
ekspositoris, dan argumentatif
|
·
Narasi
·
Deskripsi
·
Eksposisi
·
Argumentasi
·
Pola
susunan kerangka karangan
·
Mengembangkan karangan
·
Menyusun kerangka makalah
|
·
Siswa memahami ciri-ciri dan
konsep wacana narasi, deskripsi,
eksposisi, dan argumentasi
·
Siswa memahami penggunaan
bahasa pada wacana narasi deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
·
Siswa memerhatikan
contoh-contoh wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
·
Siswa memahami perbedaan
wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
·
Siswa mengerjakan latihan
untuk mencari teks atau wacana yang bercirikan narasi, deskripsi, eksposisi,
dan argumentasi
·
Siswa memerhatikan proses
penulisan karangan
·
Siswa mengerjakan latihan
·
Siswa mengomentari karangan
yang dibuat temannya
·
Siswa memahami pola susunan
kerangka karangan, kemudian mengembangkannya
· Siswa memahami penyusunan
kerangka makalah
· Siswa mengerjakan latihan
individu dan secara berkelompok
|
· Mampu mengidentifikasi wacana narasi dan
deskripsi
· Mampu mengidentifikasi
wacana eksposisi dan argumentasi
· Mampu menulis contoh-contoh narasi dan deskripsi
· Mampu menulis contoh-contoh
eksposisi dan argumentasi
· Mampu mengetahui pola susunan kerangka karangan
dan mengembangkannya
|
Tes tulis
Instrumen
Uji Mandiri dan
Uji Kelompok
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang
berorientasi format wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Pengamatan (contoh-contoh
hasil pekerjaaan siswa)
Daftar pertanyaan dalam Uji
Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan
materi ajar
|
6 x 45 menit
(3 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat
siswa
|
2.13 Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja
|
·
Pengenalan ringkasan
·
Tujuan pembuatan ringkasan
·
Langkah-langkah membuat ringkasan
·
Membuat ringkasan yang tepat
|
· Siswa mengenal teknik
pembuatan ringkasan
· Siswa berlatih mencermati
bahasa ringkasan
· Siswa memahami
langkah-langkah membuat ringkasan
· Siswa memerhatikan
contoh-contoh penggunaan bahasa dalam ringkasan
· Siswa memerhatikan cara
meringkas yang efektif
· Siswa berlatih meringkas
dengan langkah-langkah pembuatan ringkasan dengan mengerjakan latihan
· Siswa berlatih membuat
ringkasan yang tepat
· Siswa mengaplikasikan teknik
membuat ringkasan dengan wacana sederhana
· Siswa mengerjakan latihan
mandiri dan kelompok untuk memahami materi
|
· Mampu mengidentifikasi
ciri-ciri ringkasan
· Mampu menyampaikan kembali hasil meringkas dengan
bahasa yang efektif
· Mampu membuat ringkasan
sederhana
|
Tes tulis
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami
materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai
langkah-langkah meringkas
Sejumlah soal untuk menganalisis penyampaian laporan
lisan
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa
untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
6 x 45 menit
(3 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Pedoman
Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat
siswa
|
2.14 Menyimpulkan teks tertulis dalam konteks bekerja
|
·
Pengenalan simpulan
·
Teknik simpulan deduktif dan induktif
·
Berlatih membuat simpulan
|
· Siswa memahami teknik
pembuatan simpulan, teknik induktif dan deduktif
· Siswa berlatih menganalisis
penggunaan kalimat dalam simpulan
· Siswa berlatih membuat
simpulan sederhana dengan mengerjakan latihan
· Siswa berlatih membuat
simpulan dengan cepat
· Siswa berlatih membuat
simpulan dengan bahasa yang efektif
|
· Mampu mengidentifikasi
teknik membuat simpulan
· Mampu menggunakan teknik deduktif dan induktif
dalam membuat simpulan
|
Tes tulis
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami
materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai
laporan lisan
Sejumlah soal untuk menganalisis penyampaian laporan
lisan
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa
untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
|
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
|
- Pustaka rujukan:
∙ Bahasa
Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
∙ Pedoman Umum
Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
∙ Kamus Besar
Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat
siswa
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
ASEP DARJAT WM, S.Pd., MM
|
Cianjur, …… …………………… 2013
Guru Mata Pelajaran
YULIANTI LENGKANI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar