Senin, 25 September 2017


SILABUS

Nama Sekolah                       : SMK Plus Assuyuthiyyah
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XI
Standar Kompetensi            : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madia

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
2.1 Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja




·     Menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat perintah
·     Identifikasi isi-isi informasi
·     Menyimpulkan informasi lisan dan tulis secara deduktif dan induktif
·     Mengetahui kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
·     Mengungkapkan Informasi verbal dan nonverbal
·     Siswa diajak mencermati isi-isi informasi dimulai lingkungan kerja sekitar siswa
·     Siswa diajak mengidentifikasi isi-isi informasi berdasarkan ciri bentuk dan ciri makna  (puisi, wawancara, dan pidato)
·     Siswa mengenal teknik menyimpulkan wacana secara deduktif dan induktif
·     Siswa berlatih menyimpulkan informasi secara deduktif dan induktif
·     Siswa berlatih mencatat simpulan informasi lisan dan tulis sesuai kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
·     Siswa memahami ciri-ciri informasi verbal dan nonverbal
·     Siswa berlatih membuat simpulan informasi lisan dan tulis yang ditemuinya
·     Mampu mengidentifikasi isi-isi informasi
·     Mampu menuliskan kembali fungsi bahasa Indonesia
·     Mampu menuliskan kembali kedudukan bahasa Indonesia
·     Mampu menuliskan kembali simpulan lisan secara deduktif
·     Mampu menuliskan kembali simpulan tulis secara deduktif

Tes  Lisan
Tes Tertulis 
Uji Mandiri dan  Uji Kelompok

Uji Media

Uji Keterampilan Berbahasa sebagai pengayaan
4  x  45 menit  (2 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
- Material (CD)
- Media cetak dan elektronik
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar siswa
2.2  Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja
·     Merumuskan perintah lisan dan tulis
·     Mengidentifikasi isi-isi perintah
·     Menuliskan  kembali isi perintah dalam bentuk kerangka atau bagan

·     Siswa mengenal ciri-ciri kalimat perintah
·     Siswa berlatih mengidentifikasi jenis-jenis kalimat perintah
·     Siswa mencatat isi pokok informasi yang terdapat pada kalimat perintah
·     Siswa berdiskusi mengenai penulisan isi perintah dalam bentuk kerangka/bagan
·     Siswa berdiskusi mengenai penulisan perintah dalam kalimat yang efektif

·     Mampu merumuskan perintah lisan dan tulis menggunakan kiat mengenali perintah
·     Mampu menanyakan kepada pemberi perintah perihal kebenaran rencana kegiatan
·     Mampu menuliskan kembali isi perintah dalam bentuk kerangka/bagan

Tes  Lisan

Tes tulis
Uji Mandiri dan Uji Kelompok
Uji Keterampilan Berbahasa sebagai pengayaan
4  x  45 menit  (2 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar siswa
2.3 Memahami perintah kerja tertulis
·     Memo
·     Surat edaran
·     Disposisi
·     Pengumuman
·     Membuat surat perintah kerja dan petunjuk kerja


·     Siswa membaca dan mengenali ciri-ciri dan format memo
·     Siswa berlatih membuat memo dimulai dari yang paling sederhana
·     Siswa membaca dan mengenali surat edaran
·     Siswa berlatih membuat surat edaran
·     Siswa membaca dan mengenali disposisi dan pengumuman
·     Siswa berlatih membuat disposisi
·     Siswa membaca dan mencermati perintah kerja tertulis
·     Siswa memahami perintah kerja tertulis dan ragamnya
·     Siswa berlatih menulis perintah kerja tertulis
·     Mampu menuliskan kembali memo
·     Mampu membuat disposisi
·     Mampu membedakan pengumuman dan surat edaran
·     Mampu membuat catatan perintah kerja tertulis
·     Mampu membuat prosedur/petunjuk kerja
·     Mampu memberi tanggapan terhadap  perintah kerja

Tes lisan
Tes tulis
Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk  membedakan memo, surat edaran, disposisi, dan pengumuman
Tugas mencari contoh dan membuat memo, surat edaran, disposisi, dan pengumuman untuk portopolio
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang menunjukkan konsep-konsep perintah kerja tertulis
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
8 x  45 menit (4 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Contoh-contoh surat
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan kerja sekitar siswa
2.4 Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja
·     Mengidentifikasi kata, bentuk kata, dan ungkapan berdasarkan paradigma/ analogi
·     Sinonim dan antonim
·     Frasa dan kalimat

·     Siswa memahami proses morfologis pembentukan kata
·     Siswa memahami perubahan makna kata
·     Siswa menunjukkan contoh-contoh kata serapan dari bahasa lain ke dalam bahasa Indonesia
·     Siswa bersama-sama memahami sinonim dan antonim
·     Siswa mengerjakan latihan
·     Siswa memahami frasa dan kalimat
·     Mampu mengidentifikasi kata, bentuk kata, dan ungkapan berdasarkan paradigma
·     Mampu mengidentifikasi frasa dan kalimat
·     Mampu mengungkapkan informasi yang telah dibaca dengan bahasa sendiri
·     Mampu menggunakan  kata, bentuk kata, dan ungkapan berdasarkan paradigma dalam kalimat yang berbeda

Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi kata,bentuk kata, dan ungkapan
6 x 45 menit (3 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan siswa
2.5  Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pertanyaan dalam konteks bekerja
·     Kalimat tanya
·     Kalimat tanya dalam konteks kalimat


·     Siswa diperkenalkan  kalimat tanya dalam wacana lisan
·     Siswa mengenal situasi pembicaraan lisan menggunakan kalimat tanya
·     Siswa berlatih membuat kalimat tanya
·     Siswa memeragakan diskusi kecil dalam kelompok
·     Secara berkelompok siswa mengamati penggunaan kalimat tanya dalam ragam kalimat

·     Mampu menggunakan kalimat tanya sesuai dengan tuntutan situasi
·     Mampu memahami kalimat tanya dalam konteks kalimat

Tes lisan
Tes tulis
Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan kalimat tanya dalam pembicaraan
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat tanya dalam ragam lisan
4 x 45 menit (2 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa
2.6 Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja

·     Teknik membuat parafrasa lisan
·     Pembuatan parafrasa lisan
·     Menafsirkan parafrasa lisan


·     Siswa diperdengarkan berbagai tuturan
·     Siswa berlatih mencatat isi pokok tuturan
·     Siswa berlatih mengungkapkan tuturan dengan bahasa sendiri
·     Siswa mendengarkan aneka tuturan untuk menafsirkan maksud tuturan
·     Siswa  berlatih menafsirkan/memberi maksud setiap tuturan yang ditemui

·     Mampu mengidentifikasi ciri-ciri parafrasa lisan
·     Mampu membuat parafrasa lisan
·     Mampu menafsirkan parafrasa lisan

Tes lisan
Sejumlah soal Uji Mandiri  dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa u
Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan parafrasa lisan dan bahasa
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
4 x 45 menit (2 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa
2.7 Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
·     Pola gilir dalam berkomunikasi
·     Pelaksanaan pola gilir dalam berkomunikasi
·     Penerapan pola gilir dalam berdiskusi
·     Evaluasi pelaksanaan pola gilir dalam berkomunikasi

·     Siswa dikenalkan aturan main dalam berkomunikasi
·     Siswa berlatih menggunakan aturan main/pergantian waktu dalam berkomunikasi
·     Siswa mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam berkomunikasi
·     Siswa memahami konsep pola gilir dalam wawancara
·     Siswa menyimpulkan isi komunikasi yang ditampilkan dengan menyimak rekaman wawancara
·     Siswa memerhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memerhatikan struktur kalimat dalam berkomunikasi
·     Siswa memerhatikan harmonisasi dalam berkomunikasi
·     Siswa membuat diskusi untuk memahami pola gilir dalam diskusi
·     Siswa mengaplikasikan pergantian waktu bicara dalam berkomunikasi
·     Siswa menyimak dan menyimpulkan pelaksanaan pola gilir dalam berkomunikasi pada adegan pementasan drama
·     Mampu menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang santun dalam berkomunikasi
·     Mampu menggunakan pola gilir secara efektif
·     Mampu menerapkan pola gilir dalam diskusi

Tes lisan
Tes tulis
Praktik
Sejumlah soal Uji dan Uji Kelompok Mandiri untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan pola gilir dalam berkomunikasi
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan pola gilir dalam berkomunikasi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
Menggunakan uji media
6 x 45 menit (3 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Material: VCD dan kaset
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa


2.8 Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja



·     Prinsip-prinsip konversasi
·     Etika dan norma konversasi
·     Penggunaan prinsip-prinsip konversasi

·     Siswa memahami konsep penggunaan kalimat yang komunikatif dalam konversasi
·     Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat dalam konversasi
·     Siswa memahami konsep penggunaan kalimat santun dan kerjasama dalam konversasi
·     Siswa menggunakan kalimat yang santun dan kerjasama dalam konversasi
·     Siswa menggunakan prinsip-prinsip konversasi
·     Siswa berkelompok mengerjakan latihan untuk memahami prinsip-prinsip konversasi
·     Mampu mengenali unsur-unsur konversasi
·     Mampu menerapkan prinsip-prinsip konversasi
·     Mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat konversasi
·     Mampu menggunakan konversasi dan prinsip-prinsipnya

Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Sejumlah soal Uji mandiri dan Uji Kelompok
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi konversasi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
4 x 45 menit
(2 pertemuan)









- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa

2.9  Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja

·     Bentuk-bentuk diskusi
·     Persiapan diskusi
·     Unsure-unsur diskusi
·     Etika diskusi
·     Membuat notulen diskusi





·     Siswa dikenalkan bentuk-bentuk diskusi dan tujuan diskusi
·     Siswa dikenalkan persiapan dan aturan main dalam berdiskusi
·     Siswa mengerjakan latihan
·     Siswa memerhatikan penggunaan  aturan main diskusi
·     Siswa mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam berdiskusi
·     Siswa memerhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memerhatikan struktur kalimat dalam berdiskusi
·     Siswa berlatih menggunakan aturan main diskusi
·     Siswa memahami isi diskusi
·     Siswa berlatih membuat simpulan diskusi dalam notulen 
·     Mampu memahami kegiatan berkomunikasi dalam diskusi
·     Mampu mengetahui bentuk-bentuk diskusi dan tujuan diskusi
·     Mampu mempersiapkan diskusi
·     Mampu menggunakan aturan main diskusi secara efektif
·     Mampu menyimpulkan hasil diskusi dengan kalimat efektif
·     Mampu membuat notulen diskusi dengan tepat




Tes lisan
Tes tulis
Bentuk Intrumen:
Uji Mandiri dan Uji Kelompok sebagai latihan
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan aturan main  dalam berdiskusi
Serangkaian perintah untuk mengidentifikasi penggunaan bahasa dalam berdiskusi
Sejumlah soal untuk menganalisis pergantian waktu bicara  dalam berdiskusi
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
6 x 45 menit (3 pertemuan)











- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa


2.10   Bernegosiasi yang bermakna dalam konteks bekerja
·     Bernegosiasi dalam promosi
·     Taktik bernegosiasi
·     Pencatatan keputusan negosiasi

·     Siswa memahami konsep negosiasi dalam promosi
·     Siswa memahami taktik bernegosisasi yaitu dalam penggunaan kalimat yang komunikatif dalam bernegosiasi
·     Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat dalam bernegosiasi dengan mengerjakan latihan
·     Siswa mempraktikkan bernegosiasi
·     Siswa memerhatikan evaluasi dari fasilitator mengenai penyimpulan hasil negosiasi
·     Siswa memahami pencatatan keputusan negosiasi
·     Siswa mengerjakan latihan
·     Mampu mengenali unsur-unsur bernegosiasi
·     Mampu mencatat hasil negosiasi

Tes lisan
Tes tulis
Instrumen:
Uji Mandiri dan Uji Kelompok
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi pelaksanaan negosiasi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan
kalimat dalam bernegosiasi
Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja siswa

2.11   Menyampaikan laporan atau presentasi lisan dalam konteks bekerja
·     Cara penyampaian laporan
·     Bentuk-bentuk laporan lisan
·     Jenis-jenis laporan lisan
·     Evaluasi penyampaian laporan sederhana

·     Siswa dikenalkan cara penyampaian laporan lisan, hal-hal yang dilaporkan dan bentuk-bentuk laporan
·     Siswa memerhatikanjenis-jenis laporan lisan
·     Siswa berlatih menyusun laporan lisan sederhana dengan mengerjakan latihan
·     Siswa berlatih secara kelompok
·     Siswa memerhatikan contoh-contoh laporan sederhana
·     Siswa memerhatikan penyampaian laporan sederhana
·     Siswa mengerjakan latihan untuk membuat laporan sederhana
·     Mampu mengidentifikasi ciri-ciri laporan lisan
·     Mampu memahami informasi dalam laporan sederhana

Tes tulis
Tes lisan
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji Mandiri  dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa mengenai laporan lisan
Sejumlah soal untuk menganalisis penyampaian laporan lisan
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja siswa
2.12   Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif
·     Narasi
·     Deskripsi
·     Eksposisi
·     Argumentasi
·     Pola susunan kerangka karangan
·     Mengembangkan karangan
·     Menyusun kerangka makalah

·     Siswa memahami ciri-ciri dan konsep wacana narasi,  deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
·     Siswa memahami penggunaan bahasa pada wacana narasi deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
·     Siswa memerhatikan contoh-contoh wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
·     Siswa memahami perbedaan wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
·     Siswa mengerjakan latihan untuk mencari teks atau wacana yang bercirikan narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
·     Siswa memerhatikan proses penulisan karangan
·     Siswa mengerjakan latihan
·     Siswa mengomentari karangan yang dibuat temannya
·     Siswa memahami pola susunan kerangka karangan, kemudian mengembangkannya
·     Siswa memahami penyusunan kerangka makalah
·     Siswa mengerjakan latihan individu  dan secara berkelompok
·     Mampu mengidentifikasi wacana narasi dan deskripsi
·     Mampu mengidentifikasi wacana eksposisi dan argumentasi
·     Mampu menulis contoh-contoh narasi dan deskripsi
·     Mampu menulis contoh-contoh eksposisi dan argumentasi
·     Mampu mengetahui pola susunan kerangka karangan dan mengembangkannya

Tes tulis

Instrumen
Uji  Mandiri dan Uji Kelompok

Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi format wacana narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi
Pengamatan (contoh-contoh hasil pekerjaaan siswa)
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar

6 x 45 menit
(3 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa

2.13   Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja

·     Pengenalan ringkasan
·     Tujuan pembuatan ringkasan
·     Langkah-langkah membuat ringkasan
·     Membuat ringkasan yang tepat

·     Siswa mengenal teknik pembuatan ringkasan
·     Siswa berlatih mencermati bahasa ringkasan
·     Siswa memahami langkah-langkah membuat ringkasan
·     Siswa memerhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dalam ringkasan
·     Siswa memerhatikan cara meringkas yang efektif
·     Siswa berlatih meringkas dengan langkah-langkah pembuatan ringkasan dengan mengerjakan latihan
·     Siswa berlatih membuat ringkasan yang tepat
·     Siswa mengaplikasikan teknik membuat ringkasan dengan wacana sederhana
·     Siswa mengerjakan latihan mandiri dan kelompok untuk memahami materi
·     Mampu mengidentifikasi ciri-ciri ringkasan
·     Mampu menyampaikan kembali hasil meringkas dengan bahasa yang efektif
·     Mampu membuat ringkasan sederhana

Tes tulis
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji Mandiri  dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa mengenai langkah-langkah meringkas
Sejumlah soal untuk menganalisis penyampaian laporan lisan
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
6 x 45 menit
(3 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa

2.14   Menyimpulkan teks tertulis dalam konteks bekerja
·     Pengenalan simpulan
·     Teknik simpulan deduktif dan induktif
·     Berlatih membuat simpulan

·     Siswa memahami teknik pembuatan simpulan, teknik induktif dan deduktif
·     Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat dalam simpulan
·     Siswa berlatih membuat simpulan sederhana dengan mengerjakan latihan
·     Siswa berlatih membuat simpulan dengan cepat
·     Siswa berlatih membuat simpulan dengan bahasa yang efektif

·     Mampu mengidentifikasi teknik membuat simpulan
·     Mampu menggunakan teknik deduktif dan induktif dalam membuat simpulan


Tes tulis
Bentuk Instrumen:
Sejumlah soal Uji Mandiri  dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi
Sejumlah daftar pertanyaan untuk  meningkatkan pemahaman siswa mengenai laporan lisan
Sejumlah soal untuk menganalisis penyampaian laporan lisan
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar
4 x 45 menit
(2 pertemuan)
- Pustaka rujukan:
Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK Kelas XI
Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Media cetak dan elektronik
- Website internet
- Model peraga
- Lingkungan kerja dekat siswa

                
Mengetahui,
Kepala Sekolah




ASEP DARJAT WM, S.Pd., MM
Cianjur, …… …………………… 2013
Guru Mata Pelajaran




YULIANTI LENGKANI, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan P endidikan : Sekolah M enengah K ejuruan Mata ...